3 Amalan Penghapus Dosa

0

3 Amalan Penghapus Dosa

Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa dan pasti butuh ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu Allah yang kebaikan-Nya kepada hamba tidak memiliki garis finish, memberikan keutamaan dan kemurahan kepada hambaNya dengan mensyariatkan amalan-amalan yang dapat menghapus dosa disamping taubat.

Sebagian amalan-amalan ini dijelaskan oleh Allah dalam firman-nya yang termaktub di Al-Qur’an dan sebagiannya lagi dalam sunnah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam. Tiga amalan penghapus dosa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menyempurnakan wudhu dan berjalan ke Masjid.

Salah satu diantara amalann-amalan yang dapat menghapus dosa adalah menyempurnakan wudhu dan berjalan ke masjid. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam:

“Maukah kalian aku tunjukan sesuatu yang dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat. Mereka menjawab: Ya, wahai Rasulullah. Beliau Berkata: Menyempurnakan wudhu ketika merasa sulit dan memperbanyak langkah ke masjid serta menunggu shalat satu ke shalat yang lain, karena hal itu adalah ribath” (H.R. Muslim dan At-Tirmidzi).

Di hadits yang lain Rasulullah Muhammad Salallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Jika seseorang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian berangkat sholat dengan niatan hanya untuk sholat, maka tidak melangkah satu langkah nya kecuali Allah angkat satu derajat dan hapus satu dosa”. (H.R. At-Tirmidzi).

  1. Sedekah

Shadaqoh merupakan satu diantara amala-amalan yang dapat menghapus dosa, karena Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah : 271

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika akamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagiu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Q.S. Al-Baqarah: 271)

Rasulullah juga pernah bersabda mengenai keutaamaan sedekah ini dalam hadist yang diriwayatkan Ahmad.

“Shadaqah menghapus dosa seperti air memadamkan api” (H.R. Ahmad, At-Tirmidzi dan dishahihkan Al-Bani dalam Takhrij Musykilat Al-Faqr no.117).

  1. Shalat wajib.

Diantara amalan yang dapat menghapus dosa adalah melaksanakan dan menegakkan shalat wajib. Karna Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam Bersabda:

“Apa pendapat kalian sekirannya ada sungai di depan pintu salah seorang diantara kalian, dia mandi setiap hari 5 kali, apakah tersisa kotorannya? Mereka (para sahabat) berkata: “Tidak tersisa kotoranya sedikit pun. Nabi Salallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Itu seperti shalat lima waktu, menjadi sebab Allah Ta’ala hapus dosa-dosa.” (H.R. Bukhari dan Muslim. Lihat Fathul Bari jilid 2, hlm. 11).