3 Sebab Turunnya Murka Allah

0

3 SEBAB TURUNYA MURKA ALLAH

Hari ini di Indonesia diguncang oleh gempa bumi silih berganti. Mulai dari Lombok, NTB, dilanjutkan Palu, Donggala, dan sekitarnya. Dilanjutkan tsunami daerah sekitar selat sunda mulai dari Banten dan juga Kalianda, Lampung Utara.  Tak hanya itu gempa-gempa kecil juga terjadi di Malang, Manado, dan tempat lain. Ini adalah peringatan Allah Ta’ala agar manusia mau kembali kepada-Nya.

Jika kalamullah dan Kalamurasul yang di jadikan pedoman hidup umat Islam sudah tidak didengarkan, maka alamlah yang berbicara. Dan begitu juga jika ancaman Al-Qur’an dan As-Sunnah kepada ummat yang durhaka dan berbuat kemaksiaatan sudah tidak lagi menyadarkan mereka, maka alamlah yang akan memperingatkan. Bencana alam yang terjadi di Indonesia hari ini baik itu gempa bumi, tsunami, tanah longsor dan musibah-musibah yang lain merupakan peringatan dari Allah Ta’ala agar manusia kembali dalam ketaatan dan bertaubat kepada-Nya.

Kemudian apa saja sebab-sebab kenapa Allah menimpakan bencana kepada manusia. Inilah 3 sebab yang menyebabkan murka Allah turun:

Pertama, Banyaknya kemungkaran dan  kemaksiatan yang dilakukan oleh manusia. Karena kemaksiatan adalah pengundang murka Allah Ta’ala. Sebagaimana ketaatan mengundang keridhaan Allah Ta’ala. Sebagaimana Firman Allah Ta’ala dalam Q.S. Asy-Syuraa : 30.

وَمَا أصَابَكُم مِن مُصِيبَة فَبِمَا كَسَبَت أَيدِيكُم وَ يَعفُو عَن كَثِيرٍ

 “Dan apa saja musibah yang menimpa dirimu,maka itu karena disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”.

Kedua, Maraknya dan banyaknya kedhaliman terjadi.  Kedzaliman itulah yang menyebabkan Allah murka. Banyak kedhaliman yang hari ini terjadi seperti kekejaman, kebengisan, tidak berperikemanusiaan, penganiayaan, ketidak adlian dan banyak lagi.  Maka jika kerusakan dan kedzaliman sudah menyebar di suatu negeri dan masyarakat, maka tinggal menunggu murka dan adzab Allah turun untuk memperinggati dan menegurnya.

Ketiga, Diamnya Orang-orang shalih dari kemungkaran disekitarnya. Bahwa Allah memerintahkan kepada orang-orang shalih agar mau menasehati dan menegur disekitarnya yang melakukan kemaksiatan dan kemungkaran. Karna Allah Ta’ala berfirman: “Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja diantara kalian. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksanya. (Q.S. Al-Anfal: 63).