Al Kahfi Atau Yasin, Mana Yang Afdhal?

0

Pertanyaan:

Manakah yang lebih afdhol untuk kita baca di setiap malam Jum’at, apakah Surat Yasin ataukah Surat Al-Kahfi? Adakah dalilnya?

Jawaban:

Anjuran Membaca surat Al Kahfi memiliki keutamaan sebagaimana riwayat hadits yang diriwayatkan oleh ad-Darimi dari Abu Sa’id al-Khudhri,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barang siapa membaca membaca al-Kahfi pada malam Jumat, niscaya cahaya akan meneranginya antara dirinya hingga ke Baitul Atiq (Ka’bah).”

Hadits tersebut diriwayatkan oleh ad-Darimi hadits no: 3407. Dan dinyatakan shahih oleh Syiakh Nashiruddin al-Albani dalam kitabnya Shahih al-Jami’, 6471.

Adapun tentang membaca surat Yasin terdapat dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Menurut Al-Manawi dalam kitab Faydl al-Qadir menegaskan bahwa hadits ini tergolong hadits yang sanadnya terputus.

Menurut ulama yang menganjurkan membaca surat yasin di malam Jum’at meski hadits ini tergolong lemah, namun boleh diamalkan.

Kesimpulan: Dilihat dari status kedua hadits di atas maka jika ditanya mana yang afdhal untuk dibaca pada hari atau malam Jum’at apakah surat Al Kahfi atau surat Yasin maka lebih utama membaca surat Al Kahfi karena keshahihan dalilnya.

Namun kita tetap menghargai dan menghormati jika ada yang mengamalkan hadits tentang surat Yasin. Ini hanya perbedaan pendapat jangan dijadikan sebagai alasan untuk berpecah-belah. wallahu’alam.