Memandu dengan ilmu

Batas Umur Status Anak Yatim

0

Pertanyaan

Assalamualaikum ustadz? saya mau tanya batas umur anak yatim sampai berapa tahun, kalau umur sma itu masih termasuk yatim dak karena kebetulan saya bekerja disebuah pesantren dan kadang ada orang yang ngasih untuk anak yatim, mohon jawabannya

Jawaban

Yatim adalah sebutan untuk anak yang ditinggal mati oleh ayahnya saat ia dikandungan sampai ia lahir dan hingga ia baligh. Lalu Lajnah Daimah (Fatawa no. 225) menjelaskan tanda balighnya sehingga tidak lagi disebut yatim: mengalami mimpi basah, sudah tumbuh bulu-bulu halus disekitar kemaluan (baik laki / wanita) atau ia sudah berusia 15 tahun.

Yatim yang dianjurkan tetap dikasihi dan dibantu serta dipenuhi kebutuhannya -agar mendapat keutamaan khusus di atas- tidak pandang ia miskin atau kaya. Yang penting tidak punya ayah dan usianya belum baligh.

Bukan berarti saat sudah baligh lalu tidak usah dibantu. Apalagi jika si anak tersebut dalam kondisi fakir yang membutuhkan uluran tangan para muhsinin (orang yang suka berbuat baik /membantu/donatur). Seperti untuk kebutuhan nafkah, tempat tinggal, belajar dan kesehatan. Maka yang paling utama, bagi orang yang sudah mengurusi anak yatim lalu usianya sudah baligh –keluar dari sifat yatim- ia tetap memberinya nafkah sehingga ia menyelesaikan studinya & bisa mandiri memenuhi kebutuhannya. Wallahu A’lam.