Berbuat Baik Kepada Orang Tua Sepeninggalnya

0

Berbuat Baik Kepada Orang Tua Sepeninggalnya

Pertanyaan

Assalamualaikum wr wb, Saya mau tanya ustadz, bagaimana caranya membalas kebaikan orang tua yang sudah meninggal. Apakah kalau mengirimkan bacaan ayat Al-Quran untuk orang tua yang sudah meninggal cuman surat yasiin aja seperti kebiasaan di kampung saya. Mksh ustadz Jazzakumulloh

Jawaban

Alhamdulillah was shalatu wassalamu ‘ala Rasulillah.

Banyak cara untuk membalas kebaikan orang tua baik yang masih hidup ataupun yang telah meninggal. Adapun bentuk perbuatan baik ketika mereka telah meninggal di antaranya:

  1. Mendoakan kebaikan untuk keduanya.
  1. Istighfar untuk keduanya: memohonkan kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa keduanya. Ini merupakan kebaikan paling utama sesudah mereka meninggal. (QS. Al Hasyr: 10)
  1. Menunaikan janji keduanya setelah meninggal berarti melaksanakan wasiat keduanya. Di antaranya adalah melunasi hutang harta, puasa atau menunaikan nadzar.
  1. Memuliakan dan menyambung silaturahmi dengan teman-teman keduanya; termasuk kawan karibnya, rekan kerjanya, kerabatnya keduanya.
  1. Menghadiahkan pahala dengan beberapa amalan yang sampai ke mereka berdua, seperti haji, umroh, sedekah. Adapun untuk menghadiahkan bacaan al-Qur’an (seperti membacakan surat Yasin) maka terdapat perselisihan di Antara para ulama, yang lebih kami pilih bahwa bacaan al-Qur’an tidak sampai ke pada orang yang telah meninggal.

Wallahu a’lam.