Memandu dengan ilmu

Berdoa Setelah Tasyahhud dan Dengan Bahasa Arab

0

Berdoa Setelah Tasyahhud dan Dengan Bahasa Arab
Pertanyaan :

Assalamu’alaikum ust .. apa benar dalam sholat wajib kita diperkenankan berdoa dalam bahasa Arab setelah tahiyat akhir sebelum salam ?

Jawaban :

Ya benar, kita diperkenankan berdoa di akhir tahiyyat sebelum salam. Berdasarkan riwayat dari sahabat Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

“Jika kalian duduk (tasyahud), maka ucapkanlah: ‘at-Tahiyaatu lillaah, wash-Shalaatutuh thayyibaat, assalaamu ‘alayka ayyuhannabiy warahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu ‘alayna wa ‘ala ibaadillaahish shaalihiin’. Jika kalian telah mengucapkan demikian, maka doa tersebut akan meliputi semua hamba yang shalih di langit dan di bumi, ataupun di antara keduanya. (kemudian ucapkanlah) ‘asyhadu an laa ilaaha illaLLaah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh’. Kemudian hendaklah dia memilih doa, yang dia sukai untuk berdoa dengannya.” (HR. Ahmad, al-Bukhari, Abu Daud).

Adapun berdoa setelah tahiyyat (secara umum di dalam shalat) dengan Bahasa Arab terdapat perincian:

Syaikh Sholih Al Munajid hafizhohullah dalam situs beliau Al Islam Sual wa Jawab memberikan penjelasan,

“Jika orang yang shalat mampu berdoa dengan bahasa Arab, maka ia tidak boleh berdo’a dengan bahasa selainnya. Namun jika orang yang shalat tersebut tidak mampu berdo’a dengan bahasa Arab, maka tidak mengapa ia berdo’a dengan bahasa yang ia pahami sambil ia terus mempelajari bahasa Arab (agar semakin baik ibadahnya)

Namun yang lebih utama adalah berdoa dengan doa-doa berbahasa Arab yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits. Jika belum hafal, berdoa dengan terjemahan doa-doa yang terdapat dalam Al Qur’an dan Hadits. wallahu a’lam.