Memandu dengan ilmu

Bulukumba : Dakwah Kerja Nyata

0

Ust. Dirbowo –dai SAHDAN adal Purwokerto, Jateng- adalah salah satu ustadz yang hampir setiap tahun bertugas sebagai dai SAHDAN, dakwah di pelosok dan pedalaman selama bulan Ramadhan. Senior, demikian teman-teman dai SAHDAN menyebutnya. Kecintaannya pada dakwah mendorongnya untuk meninggalkan istri dan empat anaknya selama Ramadhan. Tidak seperti kebiasaan orang yang menginginkan puasa dan lebaran bersama keluarga, ust. Dirbowo rela puasa dan lebaran hampir setiap tahun di pelosok dan pedalaman.

Tahun ini beliau bertugas di kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Daerah yang terletak di ujung kaki pulau Sulawesi, 170 km dari kota Makasar. Wilayah pelosok dan pedalaman ini memiliki luas 1.154 km2 dengan jumlah penduduk 394.757 jiwa. Di tempat tugas beliau sebagian besar penduduknya muslim. Masjid juga cukup banyak, namun lemahnya dakwah dan pengajaran di sini menyebabkan masjid dan mushola sepi dari jamaah. Bahkan ada sebuah masjid bantuan dari Rabitah Alam Islami yang tidak digunakan untuk jumatan. Ini menunjukkan bahwa dakwah telah tersebar hamper di setiap sudut wilayah Indonesia. Namun penjagaan dakwah belum merata di wilayah-wilayah kita.

Ust. Dirbowo bersama ketua takmir masjid Darussalam, Balebo, Bulukumba

Kegiatan yang cukup menonjol dari dai SAHDAN ini adalah kemampuan beliau silaturahmi dan membantu warga. Di akui oleh penanggungjawab dai di Bulukumba, ust. Dirbowo ini sangat luar biasa pendekatan dan baktinya kepada warga. Tidak nampak sama sekali jaim –jaga image-. Artinya sangat ringan tangan menolong warga, demikian juga menengok warga yang sakit.

Makanan warga singkong goreng dioles bumbu mrica                       membantu aqiqah warga

Salah satu regulasi dai SAHDAN memang silaturahmi dan membantu warga. Hal ini dimaksudkan agar dai dan masyarakat semakin dekat sehingga mendekatkan hati mereka. Disamping silaturahmi akan bisa menyelesaikan masalah yang ada dan saling mengenal lebih dekat. Ini mengingatkan mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata. SAHDAN menjadi program Dakwah Kerja Nyata.

Menongok warga yang sakit                                                                        Mengisi pesantren kilat SAM 12

Masjid bantuan Rabithah Alam Islami yang sepi

Masjid Baburahman, perlu waktu 2 minggu untuk lobi kultum dan imam tarawih