Memandu dengan ilmu

Dewan Ulama Mesir Tolak Penyeragaman Isi Khutbah Jumat

0

madina.or.id, – Ulama senior dari otoritas Islam tertinggi Mesir, Al-Azhar, menolak keputusan terbaru pemerintah yang akan membakukan khotbah pada shalat Jumat, lapor AFP.

Dewan Ulama Senior Al-Azhar memperingatkan bahwa keputusan pemerintah hanya akan membatasi pikiran para ulama dan membekukan wacana keagamaan.

“Imam akan menemukan dirinya tidak mampu berdiskusi, berdebat serta menanggapi ide-ide ekstrimis dan memperingatkan orang-orang dari mereka,” kata dewan dalam sebuah pernyataan, Selasa lalu.

Kritikus mengatakan inisiatif adanya khotbah Juat standar, yang diluncurkan oleh Kementerian Wakaf Agama Mesir, merupakan upaya pemerintah untuk memperketat kontrol negara atas wacana agama.

Menteri Wakaf dan Agama Mokhtar Gomaa mengatakan langkah penyeragaman isi khutbah ditujukan untuk memerangi ekstrimisme, tapi dewan ulama mengatakan tujuan seperti itu dapat dicapai melalui peningkatan potensi ulama Muslim.

“Imam membutuhkan pelatihan yang serius dan pengetahuan sehingga mereka bisa dapat menghadapi ide-ide radikal melalui pengetahuan dan kecerdasan yang benar,” tambahnya.[zdryn-sumber: islampos]