Dinamika dakwah di kota Ternate

0

Dinamika dakwah di kota Ternate

Kepulauan Ternate merupakan sebuah daerah di mana sejarah mencatat Islam telah lama berkembang di kota ini. Kesultanan Ternate yang hingga saat ini masih tetap bertahan walaupun hanya secara seremonial adat budaya adalah bukti kuat kota ini telah tersentuh dakwah Islam yang cukup lama. Namun layaknya sebuah pengaruh peradaban, budaya Islam yang kuat perlahan mulai luntur di kota ini. Terutama pada generasi Muda Ternate life style modern menjadi trendy kekinian yang menghiasi di setiap sudut kota Madani ini. Bahkan seorang bapak yang sempat berbincang dengan kami di masjid Muhajirin dekat dengan pantai fala jawa menyatakan “Saya lebih bangga melihat peran pemuda di masa lampau yang begitu erat dengan masjid “.

13 Mei 2018, 3 hari sebelum menjelang Ramadhan adalah hari pertamaku menginjakan kaki di Bumi timur Indonesia, di bawah naungan yayasan dakwah Madina menjadi perantara aku sampai di kota ini. Setibanya di Ternate begitu banyak hal yang membuat bibir ini mengucapkan Tasbih. Karena subhanallah begitu indahnya tempat ini, kota kecil yang berdiameter 42 KM di kelilingi lautan dan di kokoh kan dengan gunung Gamalama sebagai dataran tertinggi yang makin memperindah pemandanganya.

Nuansa keislaman di Kota Ternate pada sebagian tempat masih erat dengan kebudayaanya. Pemandangan ini terjadi ketika kami berkunjung ke salah satu masjid di Ternate di mana shaf pertama di khususkan bagi badan sara yaitu dewan tertinggi kesejahteraan masjid dan tidak boleh ada jama’ah lain yang menempatinya selain daripada badan sara.

Maka peran dakwah para pendatang menjadi momok penting di kota Ternate melalui mereka transformasi Ilmu terutama budaya Islam setempat mulai berubah. Namun tantangan terberat di sini terletak kepada dakwah bagi kalangan kaum remaja di mana masih minimnya da’i yang menyentuh kalangan remaja. Kebiasaan untuk menyetel musik dengan suara keras menjadi pemandangan sehari-hari yang sering terlihat dan terdengar di sepanjang jalanan kota Ternate dan lain sebagainya. Ini adalah Pr besar bagi para du’at terkhusus di kota ini yang pernah terwarnai oleh kejayaan Islam yang kuat ini untuk kembali membumikan Ajaran Islam yang baik tidak hanya secara amalan mahdoh saja tapi juga menjadi budaya yang kian gemar di lakukan oleh masyarakat.

laporan Da’i sahdan Madina dari kota Ternate, Ustadz Adly An-nashiri.