Memandu dengan ilmu

IDM

Apa itu IDM ?

Infak Dakwah Madina (IDM) adalah lembaga yang menghimpun zakat, infaq/shadaqah dan wakaf dari kaum muslimin dan menyalurkannya sesuai dengan ketentuan dalam syari’at Islam.

 

Visi Misi

Visi : Menjadi lembaga yang menghimpun dan menyalurkan infaq, zakat, wakaf secara profesional, amanah dan transparan.

Misi :

  1. Memfasilitasi umat untuk infaq, zakat dan wakaf.
  2. Mengelola infaq, zakat dan wakaf dalam penghimpunan dan penyalurannya sesuai ketentuan syari’at Islam.
  3. Profesional dalam pengelolaan dengan amanah dan transparan.

 

Kenapa Berinfaq?

Untuk diri sendiri

Allah berfirman bahwa perbuatan baik itu pada dasarnya untuk diri sendiri: Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri…” (QS. Al Isra`: 7)

Membersihkan harta

Dengan berzakat berarti kita membersihkan harta kita: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan do’akanlah mereka…” (QS. At-Taubah: 104)

Menjadi penaung di akhirat

Amalan shadaqah akan menaungi hamba kelak di akhirat: “Setiap Individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia…” (HR. Bukhari-Muslim)

Pahala terus mengalir

Jika semua hadits mengenai amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun orangnya sudah meninggal dikumpulkan, maka ada sepuluh amalan, salah satunya adalah amal shadaqah jariyah atau wakaf (Imam As Shuyuthi)

 

Bentuk donasi

Infaq

Infaq dari kaum muslimin baik rutin maupun insidental diberdayakan untuk kegiatan dakwah dan sosial terbatas sebagai sapaan umat.

Infaq dan wakaf aqad tertentu

Anda dapat menyalurkn infaq atau wakaf dengan aqad tertentu dalam pemberdayaannya. Infaq dan wakaf dapat berupa nominal uang atau dalam bentuk barang yang sesuai dengan visi misi madina.

Zakat

Kami melayani program penghitungan zakat, menerima zakat maal untuk dialokasikan sesuai dengan peruntukkannya yaitu delapan ashnaf (golongan).

 

Program Unggulan

Beasiswa Belajar

Sebagai wujud kepedulian akan pegajaran ilmu, maka madina berupaya mencetak kader dakwah dengan beasiswa pendidikan di Timur Tengah.

Perpustakaan Umat

Dalam rangka menyebarkan ilmu karya para ulama dalam kitab sebagai pewarisan nilai-nilai maka madina memberdayakan infaq dan wakaf dari umat Islam dalam perpustakaan umat.

Pengiriman Da’i 

Semarak dakwah tidak selalu dirasakan oleh muslim pedalaman. Maka dibutuhkan da’i untuk mengajarkan ilmu dan penyebaran dakwah di pelosok negeri. Madina dengan dukungan jaringan cabang seluruh Indonesia memberdayakan infaq dari umat Islam untuk mengirimkan para da’i ke berbagai daerah plosok.

Pengembangan dakwah

Kegiatan ragam dakwah perlu backup dana umat agar penyampaian ilmu dapat terlaksana dengan baik sehingga infaq dari muhsinin bermuara pada ilmu yang bermanfaat.

 

Cara Donasi

  1. Transfer rekening ke nomer rekening BSM 7082148579 a.n Sutarman qq madina. Konfirmasi setelah transfer sms/wa ke nomer 081316000619 (Sutarman)
  2. Jemput Donasi. Anda tinggal telpon/sms/wa ke nomer 081319247175 (Agus) atau telpon kantor (021) 22107541, petugas kami akan datang ke alamat anda.
  3. Meyerahkan infaq ke kantor Infaq Dakwah Madina (IDM): Jl. Dr. Ratna, no 26, Kel. Jatikramat, Kec. Jatiasih Bekasi.

 

idmdalm