Memandu dengan ilmu

“Hari ini dakwah saya terhenti..”(Laporan SAHDAN dari Gorontalo)

0

Laporan Dai MADINA Ust. Sumadi Jundi dalam SAHDAN 1437 H tugas di Gorontalo

Ustadz Sumadi Jundi adalah satu-satunya dai yang ditugaskan di provinsi Gorontalo. Diusianya yang ke-49 tahun beliau masih semangat dan energik dalam berdakwah. Sejak hari pertama Ramadhan ust. Sumadi sudah padat dengan aktifitas dan safari dakwah bersama Ketua MUI, Bupati, Camat dan Lurah. Memang beliau diterima secara resmi oleh MUI Gorontalo untuk berdakwah selama bulan Ramadhan.

Memasuki hari ke-8 Ramadhan beliau melaporkan bahwa dakwah hari itu terhenti. Sempat memunculkan kekhawatiran panitia SAHDAN apa yang terjadi. Ternyata sepeda motor yang setia mengantar beliau dari desa ke desa mengalami kerusakan sehingga harus masuk bengkel. Jadwal kultum tarwih malam itu tidak bisa dilaksanakan. Sebelumnya beliau ada jadwal buka buasa bersama bupati Bone Bolango bapak Hamim Pou juga tidak bisa diikuti karena hujan yang sangat lebat. Beberapa hari ini beliau juga hanya ditemani kades karena camat dan kapolsek yang biasanya menemani safari dakwah berhalangan hadir.

Dalam laporannya, ust. Sumadi menyebutkan bahwa ada orang tua yang mempercayakan anaknya yang sekarang kelas 5 SD untuk disekolahkan di pondok pesantren di Jawa dan berharap pula bisa menjadi seorang hafidz. Hal ini disambut baik oleh pengurus MADINA yang siap membiayai pendidikan calon kader dari Gorontalo ini yang nantinya akan menjadi dai kembali ke daerah, provinsi Gorontalo.

Desa Monano, dan  desa-desa yang ada di kecamatan Bone, kabupaten Bone Bolango berada di pesisir pantai selatan. Kebanyakan mata pencaharian masyarakatnya adalah petani, perkebunan merica, cengkeh dan ada juga nelayan. Di daerah ini juga termasuk penghasil kopra.

Tantangan dakwah di kecamatan ini cukup berat, dengan tumbuhnya pemahaman yang mengarah ke sufi, salah satunya selalu menanyakan hakekat sesuatu (filosofinya). Hal ini membutuhkan jawaban yang pas dan dapat diterima namun pelan-pelan ilmu harus difahamkan kepada mereka, supaya tidak berkembang pada arah yang menyimpang.

Insya Allah bersambung dengan laporan SAHDAN di daerah lain.

WhatsApp-Image-20160611 WhatsApp-Image-20160612