Memandu dengan ilmu

Hasil Pencairan Dana BPJS

0

Hasil Pencairan Dana BPJS

Pertanyaan :

Assalamualaikum ust. mau tanya, apa hukum menerima tambahan dana dari hasil pencairan BPJS Ketenagakerjaan (program jaminan hari tua) yang selama ini dibayarkan oleh pihak kantor saya? Karena uang setoran dari kantor untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan yang dipotong setiap bulan dari gaji saya, setelah dicairkan totalnya berbeda. Sebagai informasi, saya sudah resign dari kantor sebelumnya & telah mencaikan dana BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Jawaban :

alhamdulillah wasshalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ba’du

Mayoritas ulama fikih sepakat bahwa dalam sistem BPJS masih terdapat hal-hal yang tidak sesuai aturan syariat. Oleh karena itu kita tidak boleh untuk mengikuti program tersebut, hingga hilangnya penghalang-penghalangnya.

Adapun jika kondisinya seseorang terikat dengan peraturan intansi tempat ia berkerja, hal mana mengharuskan setiap karyawannya untuk ikut program BPJS, maka hal itu masuk dalam kondisi terpaksa.

Maka, terhadap hasil pencairan dana tersebut, yang diperbolehkan bagi kita hanyalah mengambil bagian yang menjadi hak kita, yaitu sejumlah potongan gaji yang pernah dipotong. Adapun sisanya bisa diinfakkan, sebab harta itu bukan menjadi hak kita.

Allah Ta’ala berfirman,

وَقَدْ فَصَّلَ لَكُمْ مَا حَرَّمَ عَلَيْكُمْ إِلَّا مَا اضْطُرِرْتُمْ إِلَيْهِ

“Dan sesungguhnya Allah telah menjelaskan kepada kalian apa yang Dia haramkan, kecuali yang terpaksa kalian makan.” (QS. Al-An’am: 119)