Kaidah Tanda Husnul Khatimah

0

Tanda Husnul Khatimah

Pertanyaan:

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah bersabda: “Orang mu`min meninggal dunia dengan (mengeluarkan) keringat didahinya.” (HR. Ahmad)

Pertanyaannya bagaimana kalo yang meninggal itu orang kafir?, karena ana melihat ada orang kafir meninggal tapi dahinya berkeringat Afwan mohon penjelasannya.

Jawaban:

Dalam beberapa riwayat disebutkan tanda-tanda husnul khatimah, seperti meninggal di malam atau siang hari Jum’at, Termasuk juga berkeringatnya dahi saat meninggal. Masih banyak lagi tanda husnul khatimah yang dijelaskan Rasulullah.

Namun tanda-tanda ini hanya tanda zhahir saja. Yang lebih utama untuk menentukan seorang husnul khatimah adalah keimanan, amal shalih dan keistiqomahannya. Inilah tanda yang utama sebelum tanda dzahir. Tidak boleh mendahulukan tanda zahir sebelum tanda yang utama.

Sehingga jika ada orang kafir atau fasik, tidak pernah beribadah semisal shalat, puasa lalu meninggal di malam atau siang hari Jum’at dalam keadaan berkeringat di dahi atau tersenyum, maka tidak bisa serta merta dijadikan pembenar bahwa ia husnul khatimah. Ia tetap su’ul khatimah.

Namun jika yang meninggal adalah orang mukmin, istiqomah dalam ibadahnya dengan disertai tanda-tanda zahir itu, semoga itu menjadi kabar gembira yang disegerakan bahwa ia husnul khatimah. wallahu a’lam.