Kajian Umum MADINA “Meluruskan Syubhat Seputar Akhir Zaman”

0

madina.or.id. Kita Berada di Akhir Zaman, Kiamat Sudah Dekat, Umur Umat Islam, dll adalah contoh tema-tema yang akhir-akhir ini menarik perhatian umat. Menarik perhatian mungkin karena masalah kiamat tentu masalah yang ditakuti semua orang karena kiamat berarti dunia berakhir, langit dan bumi hancur dan saatnya manusia beralih ke kehidupan akhirat. Mengimani datangnya hari kiamat adalah kewajiban umat Islam, namun kapan datangnya hari kiamat hanya Allah subhanahu wata’ala yang tahu. Ada sementara orang yang memahamai konsep hari kiamat terlalu berlebihan (ghuluw) dan bahkan cenderung bisa merusak keimanan. Salah satu contohnya adalah kepercayaan akan terjadinya kiamat pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2012. Demikian ramainya pembicaraan tentang hal tersebut yang ternyata tidak terbukti. Berlalu. Ada pula yang menghitung-hitung umur umat ini sehingga melahirkan kepercayaan akan berakhirnya kehidupan ini (kiamat) pada tanggal, bulan dan tahun tertentu.

Hal inilah yang menjadi dasar MADINA memandang perlu untuk meluruskan pemahaman tentang konsep akhir zaman dengan mengungkap pandangan-pandangan yang berlebihan tentang akhir zaman dan menyampaikan pemahaman yang benar tentang nubuwat akhir zaman.

119Kegiatan yang berlangsung pada hari Ahad tanggal 14 Pebruari 2016, bertempat di Masjid Amar Makruf, Bulak Kapal, Bekasi ini dihadiri lebih dari 600 orang. Kajian ini dikemas dalam format talkshow sehingga terjadi dialog interaktif antara moderator dengan nara sumber dan juga peserta.

Sebagai Moderator adalah Ustadz Abu Harits, Lc yang juga Ketua Umum Madina dengan nara sumber menghadirkan Ustadz DR. Ahmad Zain An Najah, MA anggota Dewan Syura MADINA dan Ketua Majelis Fatwa dan Kajian DDII.

Dalam ceramahnya ustadz Dr. Zain -demikian biasa dipanggil- menjelaskan bahwa kiamat itu perkara ghaib yang Rasulullah saja tidak tahu kapan terjadinya. Rasulullah hanya memberi tanda-tanda datangnya kiamat. Tapi ada orang yang menggunakan ilmu kira-kira (perkiraan) dalam memahami akhir zaman ini. Demikian juga orang yang menghitung-hitung terjadinya kiamat, kalau hal itu sudah terjadi seperti masa kekhalifahan khulafaur rasyidin itu tidak apa-apa karena sudah terjadi dan bisa dihitung berapa lama. Tapi yang belum terjadi maka tidak boleh dikira-kira. Demikian antara lain yang disampaikan oleh pembicara.

Selain acara kajian, kegiatan ini juga disertai presentasi tentang radio Taman Hidayah (Radio Tamhid) 11.88 AM dan presentasi tentang MADINA. Acara ini menurut sekjen MADINA, Yahya Ahmadi, akan diadakan secara berkala dalam dua tau tiga bulan sekali dengan tema yang sedang hangat dibicarakan di tengah umat dan nara sumber yang kompeten.

(Ya/Madina)