Memandu dengan ilmu

Kapan Do’a Istikharah

0

Kapan Do’a Istikharah

Pertanyaan :

Assalamualaikum, Afwan., Ana mau tanya pada waktu kapan kita melakukan sholat Istikharah, setelah Shalat wajib atau sebelum sholat wajib?

Jawaban :

alhamdulillah, wa ba’du.

Sebelumnya kami menjelaskan bahwa shalat istikharah adalah shalat yang dilakukan ketika seseorang hendak memohon petunjuk kepada Allah, untuk menentukan keputusan yang benar ketika dihadapkan kepada beberapa pilihan keputusan.

Adapun pada shalat apa dan kapan waktunya telah dijelaskan dalam hadits riwayat Jabir bin Abdillah radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah shallahu’alaihi wasallam bersabda:

إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ

“Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua rakaat selain shalat fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa (do’a istikharah).” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya).

Dari riwayat ini dapat difahami bahwa shalat istikharah dilakukan pada shalat sunnah sejumlah dua rakaat, bukan pada shalat wajib.

Adapun doanya dibaca setelah shalat, ini merupakan pendapat empat imam madzhab, Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah dan Hanabilah.

Namun Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa do’a istikharah boleh dibaca di saat shalat atau sebelum salam atau setelah salam. Namun yang paling afdhal adalah dibaca sebelum salam. Karena Nabi banyak berberdoa sebelum salam. wallahu a’lam.