Memandu dengan ilmu

Keutamaan Membantu Saudara Sesama Muslim

0

Seorang muslim satu dengan muslim yang lainnya adalah bersaudara, Allah berfirman “Sesungguhnya hanya saja orang- orang beriman itu adalah bersaudara” (QS.Al-Hujurat: 10)

Ahli Bahasa mengatakan bahwa apabila ada kata” انما ” fungsinya sebagai alat pembatas, Artinya bahwa yang dinamakan orang-orang beriman adalah mereka yang bersaudara. Apabila ada orang beriman dia tidak menjadikan saudaranya sebagai saudara, maka imannya kurang sehat. Karena dia tidak memberikan loyalitas, kecintaan, dan pertolongan kepada saudaranya yang beriman.

Hasan Bashri berkata, “Saudara- saudara kami lebih berharga daripada keluarga kami. KENAPA?.Karena saudara- saudara kita mengingatkan kita kepada akhirat, sedangkan keluarga kita mengingatkan kita kepada dunia”.

Agar kita gemar menolong saudara kita yang beriman, mari kita renungkan keutamaan menolong mereka, antara lain:

1. Allah memudahkan urusan kita di akherat. Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang memudahkan urusan orang beriman dari satu kesulitan dari beberapa kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan satu kesulitan dari beberapa kesulitan di akhirat.” ( HR. Muslim).

2. Allah selalu menolong hambanya yang selalu menolong saudaranya. Rasulullah bersabda: “Allah akan menolong hamba selama hamba menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

3. Menolong satu saudara muslim lebih baik daripada beri’tikaf sebulan penuh pada bulan ramadhan di masjid nabawi. Rasulullah bersabda: “Aku berjalan untuk memenuhi satu kebutuhan satu orang muslim lebih aku sukai dari pada aku beri’tikaf sebulan pada bulam ramadhan di masjid Nabawi.” (HR. Ath- Thabrani dan Abu Addunya, Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini hasan).

Dengan mengetahui keutamaan ini, mari hati kita terdorong untuk menolong saudara- saudara seiman kita yang mereka membutuhkan pertolongan. Wahai saudaraku seiman tak akan berkurang harta yang kita infaqkan, shodaqahkan, dan kita zakatkan, bahkan akan bertambah terus. Membantu saudara kita tidak melulu dengan harta, bisa dengan gagasan, pikiran, tenaga, dan memecahkan masalah hidupnya.

Semoga Allah memberikan kita hati yang gemar menolong orang lain, sehingga harta kita membawa berkah buat hidup kita di dunia dan akhirat. Wallahu a’lam.