Kiat Menjaga Pandangan

0

Kiat Menjaga Pandangan

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Maaf saya ingin bertanya, apa saja kiat kiat agar kita bisa menjaga pandangan? Syukron. Wassalamualaikum

Jawaban:

Wa’alaikumus salam warahmatullah. Alhamdulillah washolatu wasalaamu ‘ala Rasulillah.

Saudaraku semoga Allah ta’ala memberi kita istiqomah untuk senantiasa menjaga hati kita dari perkara yang mengotorinya, salah satunya adalah mata yang tak terjaga.

Allah berfirman : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. (QS. AN-Nuur : 30).

Lalu bagaimana cara kita agar mempunyai mata yang terjaga :

Pertama, Fokuslah untuk taqorrub kepada Alla ta’ala, sebagaimana fokusnya pemanah yang mengincar targetnya, apakah sempat ia melihat perkara yang lain?. Sibukkan diri dengan perkara yang bermanfaat, terlebih urusan akhirat.

Kedua, ingat selalu bahaya pandangan liar yang Allah haramkan, seperti dapat mengeruhkan hati yang berakibat pada hampanya ibadah. Dan juga perlu kita ingat, bahwa mata kita akan dimintai Allah pertanggung jawabannya.

Ketiga. Hindari perangkat atau sarana keburukan yang menarik mata kita untuk bermaksiat.

Saudaraku, pada intinya, hati kita yang menentukan, maka jagalah hati dengan memalingkan padangan dari seluruh hal yang menyebabkan kekeruhannya. Wallahu A’lam