Kumbe Membutuhkan Dakwah

Kumbe jarak sejauh 150 kilo meter dari Bandara Mopah Merauke.

0

Madina.or.id – Untuk sampai ke Kumbe orang harus menempuh jarak sejauh 150 kilo meter dari Bandara Mopah Merauke.

Selain itu perlu menyiapkan stamina dan mental. Sebab jalan menuju Kumbe tidak semuanya mulus, lubang besar dan dalam siap menanti ketangguhan kita.

Hidup di desa terpencil di Kabupaten Merauke tidak sama dengan daerah lain. Selain akses jalan yang tidak dekat, kondisi masyarakat yang sederhana cara berpikirnya juga kerap menjadi tantangan. Ditambah dengan tidak adanya kejelasan ma’isyah (pendapatan).

“Tantangan (dakwah) di sini dari berbagai sisi, dari kondisi alam saja sudah terasa, jarak, fasilitas dan seterusnya. Kemudian, warga di sini kan sederhana saja pola pikirnya bagaimana kebutuhan fisiknya terpenuhi.

Sedangkan kadangkala hati terenyuh melihat anak tidak bisa sekolah karena faktor biaya. Ingin membantu, tapi untuk sehari-hari di rumah kalau ada yang bisa kita makan itu sudah Alhamdulillah,”

Tantangan semakin terasa ketika kelompok (agama) lain memberikan fasilitas pendidikan gratis. Sementara kaum Muslim harus berjuang sendiri.

“Beratnya itu ada dari seberang yang memberikan sekolah gratis, wah ini yang terberat, sebab warga butuh sekolah,” ungkapnya.

Tidak saja itu, minimnya pengetahuan orang tua terhadap pentingnya Islam menjadikan mereka abai dalam menanamkan pendidikan Islam kepada anak-anak.

“Jadi, kalau ada anak-anak mau belajar Al-Qur’an ke TPQ itu sudah luar biasa. Umumnya ya berjalan saja, bisa ngaji atau tidak bukan perkara yang amat penting,”

Merauke,8 Mei 2019
ZUHAIR

# MOPAH MERAUKE PAPUA
#SAHDAN1440 H
#MADINA