Madina Adakan Kembali Pembekalan Dai Ramadhan

0

Madina adakan kembali Pembekalan Dai Ramadhan.

Surakarta- Madina secara rutin mengirim puluhan Dai selama bulan Ramadhan ke berbagai daerah pedalaman nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Program rutin pengiriman dai ini dinamakan dengan Semarak Dakwah Ramadhan atau yang disingkat menjadi SAHDAN. Yang memiliki tujuan utama menjaga dakwah di setiap jengkal tanah. Sebagaimana yang sudah di ketahui, masih banyak daerah yang belum tersentuh dan membutuhkan dakwah terutama di daerah pedalaman.

Kegiatan pembekalan dai Sahdan yang ke enam ini diadakan selama dua hari. Tepatnya pada tanggal 9 dan 10 April 2019 M. Bertempat di Hotel Riyadi Palace, Surakarta. Pembekalan dai Ramadhan ini diikuti oleh 70 dai yang sudah terseleksi, memiliki kapasitas ilmu dan kemampuan komunikasi yang mumpuni.

Diantara dai yang dikirim berasal dari Kafila International Islamic School, Mahasantri Puskadi (Pusat Kaderisasi Dai Madina), Mahasantri Ma’had ‘Aly An Nur serta para Dai senior yang sudah lama malang melintang di dunia dakwah.

Program ini juga sebagai sarana tarbiyah bagi da’i dan keluarga da’i yang ditinggalkan selama berdakwah sebulan penuh di pelosok negeri untuk berdakwah di tengah-tengah umat. Tercatat 60 daerah lebih yang akan menjadi target dakwah Madina selama bulan Ramadhan 1440 H. Tersebar di berbagai wilayah pedalaman Indonesia. Mulai dari Papua, Halmahera, Ambon, Kalimantan, Palu, Sulawesi, Flores, Lombok, Jawa, Sumatera, Mentawai hingga Aceh.

Ustadz Faisal M. Akbar selaku ketua panitia Sahdan 2019 M mengatakan, ”Dengan pembekalan ini, mudah-mudahan da’i yang dikirim mampu menjawab tantangan umat dan bertahan serta beradaptasi ditempat tugas sekalipun dengan kondisi apa adanya. Juga bisa membersamai umat dalam menjalankan ibadah selama bulan ramadhan sehingga muncul kecintaan kepada amal sholih dalam kehidupan mereka”.

Kegiatan pembekalan dai ini berakhir pada hari Ahad, 5 Sya’ban 1440 H. Masih ada sekitar 3 pekan untuk para dai mempersiapkan diri sebelum berangkat ke tempat tugas masing-masing dalam rangka menjaga dakwah di setiap jengkal tanah. (R. Feyz)