Manisnya Ibadah di Ambon Manise (Laporan SAHDAN dari Ambon)

0

Laporan dai MADINA ust. Mohamad Thahir dalam SAHDAN 1437 H tugas di Ambon

Kota Ambon atau Ambonese adalah sebuah kota sekaligus ibukota provinsi Maluku, kota ini termasuk kota utama dalam region Indonesia Timur. Biasa disebut Ambon Manise artinya kota Ambon yang cantik, indah. Kita mungkin masih teringat kerusuhan SARA yang terjadi tahun 1996-2002. Banyak warga muslim yang terbunuh dalam peristiwa tersebut. Namun hari ini Ambon sangat kondusif. Kegiatan dakwah dan ibadah sangat terasa, demikian juga yang dirasakan para dai SAHDAN yang bertugas Provinsi Maluku ini.

Setelah sampai di kota Ambon ketiga dai SAHDAN yaitu ust. Mohamad Thohir, ust. Khairul Umam dan ust. Ibrahim Burhanudin mendapat pembagian tugas di kecamatan atau kabupaten di provinsi Maluku. Di kota Ambon terbagi dalam 5 kecamatan yaitu Nusaniwe,  Sirimau, Leitimur Selatan, Teluk Baguala dan Teluk Ambon. Adapun provinsi Maluku terdiri dari 2 kota dan 9 kabupaten. Ust. M. Thahir fokus dakwah di kota Ambon, ust. Khairul Umam di desa Luhu Kec. Huamual, Kab. Seram Bagian Barat, sedangkan ust. Ibrahim Burhanudin di kota Masohi, Maluku Tengah, yang terletak di pulau Seram.

peta-maluku-tengah-_151026151855-624

Semarak dakwah sangat terasa di kota Ambon maupun kabupaten di sekitarnya. Alhamdulillah Ust. M Thahir bisa melobi masjid AL Fatah, masjid terbesar di kota Ambon untuk event tabligh akbar. Aktifitas beliau padat mulai kajian ifthar (menjelang buka puasa), kultum tarowih dan kajian dhuha. Salah satunya adalah kultum tarawih di masjid Baiturahman di desa Waiheru kecamatan Baguala kota Ambon yang dihadiri pula mantan raja Luhu.

WhatsApp-Image-20160615k
Mantan Raja Luhu berpeci putih

Beliau juga mengisi kajian di Pondok Pesantren Al Anshar Ambon yang sebagian besar adalah para mualaf

WhatsApp-Image-20160615 a WhatsApp-Image-20160615g WhatsApp-Image-20160615m

Kajian menjelang buka puasa di pesantren Al Anshar dan pembinaan mualaf

Sementara itu ust. Khairul Umam menjelajahi desa-desa di kecamatan Seram Barat. Salah satunya adalah masjid Jami’ Luhu. Desa Luhu tereletak di lereng gunung Luhu yang menyimpan kekayaan alam seperti emas, tembaga juga perkebunan cengkeh. Di desa ini cukup subur para aktifis muslim. Namun di daerah ini pula rawan kerusuhan –demikian lapuran ust. Khirul Umam.

WhatsApp-Image-20160615kkk
ust. Khairul Umam di Masjid jami’ Luhu
WhatsApp-Image-20160615kll
Bersama MUI dan Imam Masjid
WhatsApp-Image-20160615;;;;u
Tempat Tinggal selama Tugas

Potensi dakwah Ambon dan sekitarnya sangat besar, semangat berislam cukup kuat, meskipun begitu masyarakat muslim Ambon selalu meminta dai dari Jawa khususnya di bulan Ramadhan untuk membimbing mereka merasakan manisnya ibadah di Ambon Manise.

Insya Allah bersambung dengan laporan dari daerah lain