Membaca Surat Al Fatihah 1000 kali.

0

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullah wabaroktuh. Ustadz saya mau bertanya mengenai zikir, adakah zikir-zikir lain selain zikir pagi dan petang? (Misalkan membaca Alfatiha 1000x)

Jawaban:

Tentunya ada dzikir selain dari dzikir pagi dan petang, semisal dzikir ketika hendak tidur, setelah shalat, ketika umroh dll.

Adapun dzikir berupa membaca surat Al Fatihah sebanyak 1000 kali, kami belum mendapatkan dalil shahih (benar) yang menganjurkannya.

Maka, lebih baik jika ingin membaca surat Al Fatihah bacalah sesuai kemampuan kita, tanpa perlu membatasinya hingga bilangan tertentu.

Bayangkan jika harus membaca sebanyak 1000 kali padahal kemampuan kita tidak mencapainya, tentu akan menyulitkan kita, padahal Islam adalah agama yang tidak membebani.

Mengenai jumlah bacaan dzikir pada dasarnya telah ditetapkan oleh Rasulullah sebagaimana terdapat dalam berbagai riwayat yang ada. di antaranya:

1. Membaca ayat kursi (dibaca sebanyak satu kali. di waktu pagi dan sore.) HR. Al Hakim (1: 562). Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 655)

2. Membaca surat An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas (masing-masing sebanyak tiga kali). HR. Abu Daud no. 5082, Tirmidzi no. 3575. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

3. Membaca dzikir:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Dibaca sebanyak tiga kali. HR. Abu Daud no. 5088, 5089, Tirmidzi no. 3388, dan Ibnu Majah no. 3869. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.)

Dari ketiga riwayat ini dapat kita fahami bahwa ketika Rasulullah menganjurkan membaca dzikir tertentu dengan bilangan tertenju juga niscaya hal ini akan dikabarkan dengan riwayat yang shahih. wallahu a’lam.