Memandu dengan ilmu

Mengaqiqahi Anak Laki-Laki Dengan Satu Kambing

0

Mengaqiqahi Anak Laki-Laki Dengan Satu Kambing

Pertanyaan

Ust mau tanya, bolehkah mengaqiqohi anak laki laki dgn satu ekor kambing, hal ini melihat dari amal fi’liyah nabi yg mengaqiqohi hsan dan husen dgn 1 ekor kaming.atas jwbnnya sy ucapkan jazakumullah khoir.

Jawaban
Riwayat yang menjelaskan hadits fi’liyah ini dikeluarkan oleh dua perawi, yaitu dari Abu Daud dan An-Nasa’i dari sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu anhu.
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).” (HR. Abu Daud no. 2841. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Namun dalam riwayat An Nasai lafazhnya,

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا بِكَبْشَيْنِ كَبْشَيْنِ

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengakikahi Al Hasan dan Al Husain, masing-masing dua ekor gibas (domba).” (HR. An Nasai no. 4219. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini lebih shahih dari riwayat satu kambing)

Berdasarkan riwayat yang dikeluarkan oleh Abu Daud, itulah ulama Hanafiyah dan Malikiyah untuk menyatakan bahwa akikah anak laki-laki sama dengan anak perempuan yaitu dengan satu ekor kambing.

Sedangkan berdasarkan hadits yang dikeluarkan An Nasa’i Ulama Syafi’iyah dan Hambali mengatakan bahwa disunnahkan berakikah untuk anak laki-laki dengan dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan dengan satu ekor. Namun boleh juga mengakikahi dengan satu ekor kambing karean ada hadits Ibnu ‘Abbas yang menyebutkan demikian.

Namun jika ditanyakan yang lebih utama, maka kami jawab pendapat yang rajih (lebih kuat) adalah masih bolehnya akikah dengan satu ekor kambing bagi anak laki-laki, namun disunnahkan tetap dengan dua ekor dan itu lebih utama. Wallahu a’lam.