Menggendong Bayi Saat Sholat

0

Menggendong Bayi Saat Sholat

Pertanyaan :

Kalau sholat sambil gendong bayi pas sujud gerakannya tidak sempurna karena satu tangan memegang bayi itu bagaimana? Karena sering jatuh.

Jawaban :

alhamdulillah washalatu wassalamu ‘ala rasulillah, ba’du.

Pertama, diperbolehkan bagi seseorang menggendong bayi ketika shalat, hal ini berdasarkan dalil bahwa Rasulullah pernah mengendong cucu beliau, Hasan, Husain dan Umamah saat shalat mengimami para sahabat. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua, shalat dengan mengendong bayi memiliki tata cara sendiri, sebagaimana yang diajarkan Rasulullah ketika mengendong Umamah binti Zainab. Yaitu “Ketika sujud beliau meletakkannya (umamah), jika berdiri beliau mengendongnya kembali.” (HR. Bukhari)

Ibnu Rajab Al Hambali menjelaskan cara shalat Rasulullah ketika mengendong bayi adalah ketika ruku dan sujud beliau meletakkan cucunya dan ketika kembali berdiri beliau menggendongnya kembali.

Jadi inilah cara gerakan shalat yang benar ketika menggendong bayi jika ingin shalat kita sempurna.

Ketiga, hal penting dalam menggendong bayi saat sholat adalah memastikan bahwa bayi tidak dalam keadaan najis. Sebab jumhur ulama sepakat bahwa dilarang bagi seseorang shalat dalam keadaan menggendong bayi yang dalam keadaan najis. wallahu a’lam.