Pahala Yang Sama

0

Pahala Yang Sama

Pertanyaan :

Jika seorang anak pergi untuk menuntut ilmu agama apakah orang tua mendapat pahala sma seperti anak tersebut?

Jawaban :

Barang siapa yang menunjukkan kepada suatu amal kebaikan maka ia mendapat pahala sebagaimana pahala yang mengerjakannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.” (HR. Muslim)

Orang tua yang mengarahkan anaknya untuk menuntut ilmu baik di lembaga pendidikan seperti pesantren, kampus dan lainnya, karena menuntut ilmu adalah sebuah amal ibadah maka orang tua tersebut dihitung telah mengarahkan kepada kebaikan, sehingga ia mendapat pahala sama seperti pahala yang didapatkan oleh anaknya.

Sebagaimana dikuatkan dalam hadits lainnya bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ جَهَّزَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَدْ غَزَا وَمَنْ خَلَفَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِخَيْرٍ فَقَدْ غَزَا

“Siapa yang menyiapkan kebutuhan seorang yang berperang fi sabilillah maka sungguh ia telah ikut berperang. Dan siapa yang mengurus keluarga orang yang berperang fi sabilillah dengan baik maka sungguh ia telah ikut berperang.” (Muttafaq ‘Alaih)

Hadits di atas juga menjelaskan barangsiapa yang membantu, meringankan, memudahkan seseorang untuk melakukan amal shalih, maka ia akan mendapat pahala yang sama seperti orang yang mengerjakan.

Maka, setiap orang yang menunjukkan kepada amal kebaikan, membantu kelancaran amal tersebut, maka ia akan mendapatkan jatah pahala yang sama seperti orang yang beramal. wallahu a’lam.