Pasca Pengiriman Dai Ramadhan Madina adakan Evaluasi Bersama Para Dai

0

(Madina.or.id) Surakarta- Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) kembali mengadakan Evaluasi Dai Semarak Dakwah Ramadhan Nusantara (SAHDAN) 1440 H. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad, 22-23 Juni 2019 M bertempat di Hotel Riyadi Palace Surakarta, Jawa Tengah.

Sudah diketahui bersama, Sahdan merupakan program rutin tahunan Madina dalam hal pengiriman dai untuk menyebarkan dakwah Islam di bulan Ramadhan ke berbagai wilayah pedalaman Indonesia. Pemerataan wilayah dakwah, menjaga dakwah di setiap jengkal tanah dan memenuhi keinginan masyarakat pedalaman untuk belajar agama islam lebih mendalam, merupakan tujuan utama dari program ini.

Tercatat, tidak kurang dari 85 Dai dikirim oleh Madina untuk berdawah di wilayah-wilayah pedalaman yang membutuhkan Dai dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari Papua, Halmahera, Maluku Tengah, Morotai, Ambon, Kalimantan, Sulawesi, Flores, Jawa, Sumatera, Bengkulu, Mentawai hingga Aceh.

Sambutan akan dakwah para Dai Sahdan cukup luar biasa. Hal ini terbukti dengan banyak tempat yang meminta untuk kembali mengirimkan Dai Madina untuk berdakwah selama satu tahun penuh. Tidak hanya di bulan Ramadhan saja.

Bapak Wahyu Rumagesan warga Fakfak, Papua Barat menuturkan, “ Alhamdulillah, ada dai yang dikirim ke Fakfak lagi. Harapannya, tahun depan dikirim lagi kalo bisa lebih dari satu, karena di Fakfak banyak kampung di pulau yang membutuhkan dai, kalo bisa menetap disana”.


H.Fakhruddin S.E, Takmir Masjid Nurul Iman Kolaka menyampaikan kesannya, “Kami merasa sangat terhormat bisa menjadi tempat bertugas dai sahdan pada kesempatan Ramadhan tahun ini”. beliau melanjutkan “Ustadz kami sangat berterima kasih atas datangnya ustadz dan menjadi imam sholat di masjid ini, karena pada tahun kemarin jamaah shalat tarawih hanya satu saf saja. Sedangkan di tahun ini selama ada dai sahdan masyarakat bisa istiqamah untuk shalat tarawih sampai empat saf sampai akhir ramadhan”.

Ustadz Tholib S.pdi, kepala sekolah sdit ar risalah Seteluk, Sumbawa Barat menuturkan “Kami mengucapkan jazakumullah khairan kepada semua staf madina karena dengan adanya dai yang dikirim memberikan dampak positif, masyarakat semakin semangat dalam berjamah, dan kami berharap ada yang bersedia tugas disini selama setahun atau lebih guna untuk meningkatkan kualitas ilmu di sini, karena di seteluk terkhusus sangat minim dai/ustadz yang kompeten”.

Bapak Arnan Lubis dari Kemenag Nias Utara juga menyampaikan, “Kami sangat beterima kasih kepada Madina yang telah mengirimkan dainya ke daerah terpencil seperti kami, yang haus akan pemahaman ilmu agama. Semoga di tahun yang depan diperbanyak da’I yang dikirim ke daerah kami. Karena jumlah masjid yang cukup banyak.”

Itulah beberapa komentar maupun testimoni dari Tokoh maupun masyarakat tentang pengiriman Dai Ramadhan Sahdan Madina 1440 H. Harapannya tentu pengiriman Dai Ramadhan terus berlanjut dan selalu diadakan pada setiap tahunnya.

Dan tidak lupa, Madina dalam hal ini mengucapkan Jazakumullah Khoirol Jaza’ kepada seluruh pihak yang berperan mensukseskan pengiriman Dai Ramadhan Sahdan Madina pada tahun 1440 H. (Rhofiq F)