Penangkal Gangguan Jin Saat Hajatan

0

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum, ustadz saya mau nanya, di kampung saya pas ada yang nikahan orang sesepuh di kampung ada yang menyuruh untuk memakai dasun untuk penangkal ganguan jin supaya jangan sakit atau dikerjai jin saat acara hari H nya, apa hukum nya ustadz dan apa amalan yang sebaiknya dilakukan wanita pada saat nikahan ustadz sesuai tuntunan Rasullullah. Jazakumullah sebelumnya.

Jawaban :

Waalaikumussalam warahmatullah wabarokatuh.

Alhamdulillah wa ba’du.

Salah satu adat kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat muslim di Indonesia ketika membuat hajatan adalah dengan memakai dasun dan yang semisal. Mereka mencari segala bentuk yang bisa menolak madharat.

Tentunya hal ini menyelisihi aqidah yang benar. Karena hanya Allah ta’ala yang dapat memberi manfaat dan menolak madharat. Sehingga Allah memerintahkan hamba-Nya untuk meminta kedua hal ini hanya kepada-Nya, tidak boleh kepada selain-Nya.

قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي نَفْعًا وَلَا ضَرًّا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa menarik kemanfaatan bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah.” (QS. Al A’raaf: 188)

Begitupula Rasulullah telah bersabda:

“Ketahuilah, bahwa seandainya seluruh umat berkumpul untuk memberi suatu manfaat kepadamu, maka mereka tidak akan dapat memberi manfaat kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah untukmu. Sebaliknya, jika mereka berkumpul untuk menimpakan suatu kemudharatan (bahaya) kepadamu, maka mereka tidak akan dapat menimpakan kemudharatan (bahaya) kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering.’” [HR. At-Tirmidzi, dan ia berkata, “Hadits ini hasan shahîh.”]

Adat kebiasaan meminta dasun ini jelas meminta dihindarkan dari madharat kepada selain Allah. Jika seorang muslim ingin dihindarkan dari mara bahaya dalam setiap kesempatannya maka hendaknya hanya meminta kepada Allah. Berdoa dengan penuh ketundukan dan iman yang kuat bahwa Allah lah dzat yang mampu menolak madharat.

Salah satu doa yang diajarkan Rasulullah agar terhindar dari gangguan makhluk baik jin maupun manusia adalah:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR. Abu Daud: 5088, dan Tirmidzi: 3388)

Masih banyak lagi doa-doa yang terdapat dalam Al Qur’an dan hadits agar terhindar dari gangguan makhluk. wallahu a’lam.