Memandu dengan ilmu

Pinrang : Berakit-Rakit ke Hulu, Bersyukur Kemudian

0

Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menjadi salah satu tempat tugas dai SAHDAN. Penempatan di sini karena memang permintaan langsung dari tokoh masyarakat Pinrang yang mengetahui program SAHDAN melalui web Madina. Pinrang terletak 185 km sebelah utara Makasar. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja. Wilayah Pinrang lebih dari 50% adalah perairan.

Gesekan Dengan Masyarakat

Ust. Ilham Al Ayyas –dai SAHDAN asal Padang, Sumbar- telah sampai di lokasi tugas sebelum 1 Ramadhan. Karena permintaan masyarakat, maka sejak hari pertama sholat tarawaih telah dipercaya untuk menjadi imam dan penceramah. Demikian pula imam sholat subuh. Namun disinilah terjadi sedikit gesekan dengan masyarakat. Ust. Ilham tidak menggunakan doa qunut ketika menjadi imam sholat subuh. Hal ini menimbulkan tanggapan dari jamaah. Banyak yang tidak suka dan bahkan mengancam akan mengusir dai SAHDAN.

 

Menyadari kondisi yang kurang tenang dikalangan jamaah, ust. Ilham segera menemui takmir masjid dan tokoh masyarakat. Alhamdulillah masalah dapat diselesaikan. Jamaah kembali tenang dan ust. Ilham pun melaksanakan tugas kembali dengan baik. Sangat terasa hikmah silaturahmi. Dai SAHDAN ini melanjutkan kunjungannya ke pihak-pihak terkait. Silaturahmi dan kunjungan ke Kementrian Agama Kabupaten Pinrang, kunjungan ke MUI, anggota DPR dan berhasil bertemu dengan Bupati Pinrang. Dakwah beliaupun berkembang ke desa-desa seberang.

Silaturahmi ke kantor Kementrian Agama Kabupaten Pinrang

Kunjungan ke Kantor Bupati Pinrang                                  Silaturahmi ke anggota DPR Kab. Pinrang

Masjid Al Muhajirin dengan 25 Kubah

Wal hasil di pertengahan Ramadhan, ust. Ilham dipercaya untuk mengisi kultum di masjid Al Muhajirin, di Desa Lero, Kec. Suppa, Kab. Pinrang. Ini adalah masjid unik dengan 25 kubah tinggi 1 dan 2 m, luas 4 m2 tersusun rapi. Keunikan lain adalah tiangnya yang tanpa menggunakan besi. Masjid ini dibangun tahun 1960 oleh syekh Hasan Alwi, pendatang dari Arab Saudi. Ada beberapa stasiun TV nasional yang telah meliput masjid unik ini. Sebuah prestasi dakwah yang patut disyukuri meskipun di awal-awal banyak onak dan duri. Berakit-rakit ke hulu, bersyukur kemudian.(ya)

Kultum di Masjid Muhajirin, Pinrang

Masjid Muhajirin dengan 25 kubah

Bagian dalam masjid