Program Pengiriman Dai ke Pelosok Negeri

0

MADINA kembali menggelar program pengiriman dai ke pelosok negeri selama bulan Ramadhan. Program yang dikemas dengan nama SAHDAN (Semarak Dakwah Ramadhan Nusantara) ini bekerjasama dengan lembaga-lembaga dakwah lain dalam perekrutan dan pembiayaannya, seperti JKD Jakarta, GTA Bekasi, Duta Zakat Semarang, MADIS Surakarta, dsb.  Tahun ini MADINA mengirimkan 60 dai ke 45 daerah di Indonesia. Daerah-daerah tersebut antara lain : Medan, Bengkulu, Payakumbuh, Mentawai dan Sawah Lunto di Sumatra Barat, Kota Balikpapan dan sekitarnya, Tarakan, Nunukan, Semenggaris, Sebuku di Kalimantan Utara, Gorontalo, Samarinda, Enrekan Sulawesi Selatan, Halmahera Utara dan Timur, Ambon, Kepulauan Sangir Talaut dan Papua. Selebihnya disebar secara merata di daerah-daerah di pulau Jawa seperti Nusakambangan Cilacap, Banjarnegara, Purworejo, Karimunjawa, dsb.

Maksud dan tujuan diadakannya program ini adalah sbb :

  1. Semarak dakwah dan ibadah di bulan Ramadhan tidak selalu dirasakan oleh saudara muslim di pelosok dan pedalaman. Maka dengan dikirimnya dai ke pelosok negeri diharapkan mereka dapat membimbing umat untuk merasakan manisnya iman di bulan Ramdhan.
  2. Dai yang dikirim telah melalui tahapan seleksi dan pembekalan sehingga mereka sudah mengetahui gambaran tempat tugas dan tantangan yang akan dihadapi. Mereka juga tentu telah mempersiapkan bahan-bahan dakwah sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.
  3. Tugas dakwah di pelosok dan pedalaman juga menjadi pendidikan (tarbiyah) bagi para dai. Mereka berdakwah selama satu bulan penuh, meninggalkan keluarga dalam menjalani puasa dan hari raya. Hal ini dimaksudkan untuk semakin menumbuhkan jiwa berjuang dalam dakwah para dai.
  4. Memberi kesempatan kepada umat Islam untuk andil mendapatkan pahala dakwah mereka yang penuh tantangan tinggi baik dari tantangan alam, kondisi masyarakat maupun tantangan keikhlasan para dai. Dengan andil menyisihkan sebagian riskinya untuk mendukung dan memperlancar program pengiriman dai ke pelosok negeri ini.

Tugas para dai di daerah adalah memaksimalkan dakwah dengan mengajarkan cara baca al quran, menyampaikan materi agama dalam ceramah, kajian atau daurah (pelatihan), silaturahmi ke tokoh setempat dan membantu warga.

Adapun indeks biaya meliputi tiket perjalanan PP, transport lokal dan uang saku perjalanan, mukafaah keluarga dan administrasi kelengkapan seperti jaket dsb. Rata-rata tiap dai membutuhkan biaya 10 juta rupiah, tergantung jauh dekat tempat tugas.

Anda dapat andil dengan mendukung program dengan transfer ke rekening BSM No. 7082148579 an Sutarman qq Madina. Mohon konfirmasi setelah transfer ke nomor 081 316 000 619 (mas Tarman). Berapapun yang anda infakkan sangat berarti bagi program ini dan semoga menjadai amal jariyah yang pahalanya mengalir terus tanpa putus.

Insya Allah laporan langsung dari para dai yang bertugas akan kami muat di web ini.

poster cetak sahdan versi 3 dasar1 man da'a ila huda   IMG-20160603-WA0059fIMG-20160603-WA0060jIMG-20160603-WA0061hhIMG-20160603-WA0056mIMG-20160603-WA0064trgre