Memandu dengan ilmu

RAKER PENGURUS PUSAT MADINA TAHUN 2016

0

Bogor-madina. Bertempat di Saung Wira, Bogor, Sabtu-Ahad, 27-28 Pebruari 2016, segenap Dewan Pembina, Pengawas dan Pengurus MADINA mengadakan RAKER Tahun 2016. Acara ini dimaksudkan sebagai perumusan bersama langkah strategis dan langkah teknis MADINA ke depan. Diawali diskusi dengan nara sumber Pembina MADINA ustadz Dr. Ahmad Zain An Najah, MA menghadirkan tema Mengenal Strategi Dakwah. Materi ini sangat relevan dengan Madina yang mengemban visi memandu dengan ilmu. Sebagai lembaga dakwah maka Madina perlu belajar dari para pendahulunya -demikian Dr. Zain melanjutkan. Belajar dari strategi yang ada dan memilih strategi yang tepat untuk Madina. Ada Sembilan strategi dakwah yang dikenal yaitu : dakwah kultural, dakwah infra struktur, dakwah demografi, dakwah structural, dakwah melalui undang-undang, dakwah mass media, dakwah bil hal, dakwah keilmuan, dan dakwah perdagangan (selengkapnya baca di Tsaqofah Islamiyah/Strategi Dakwah).

oOM5h0duSH7sSGVE
Salah satu strategi dakwah yang beliau paparkan adalah dakwah demografi. Yaitu dakwah dengan membentuk komunitas masyarakat. Seorang dai bertempat tinggal di suatu wilayah kemudian menikah dengan anggota masyarakat setempat, demikian seterusnya hingga mampu mebentuk sebuah komunitas yang islami.
Dalam raker dengan tema membangun organisasi untuk umat yang teredukasi ini, juga dibahas tentang pembangunan organisasi Madina dengan pendekatan Manajemen Mutu ISO:2008 yang disempurnakan tahun 2015. Materi lain dalam raker kali ini adalah program kerja. Sebuah arahan program dalam mengusung visi besar Madina.

NxZbr1iXLPZ8L7NA

Raker yang ditutup hari Ahad oleh ketua umum ustadz Abu Harits, Lc ini menghasilkan banyak rumusan strategis dan teknis untuk tahun kerja 2016. Semoga Madina di tahun kedua menapaki perjalanannya ini semakin dirasakah manfaatnya oleh umat. Amin

(ya/madina)