Memandu dengan ilmu

Sepekan di Balikpapan (Laporan SAHDAN 1437 H)

0

Laporan Dai MADINA Ust. Suwondo dalam SAHDAN 1437 H tugas di Balikpapan

Program SAHDAN 1437 H atau tahun 2016 ini MADINA mengirim 6 dai ke kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari enam dai tersebut 5 dai ditugaskan dakwah di Kawasan areal eks PT. ITCI Kartika Utama di Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku,  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mereka adalah ust. Habin, ust. Hasanudin, ust. Muhtadi, ust. M. Ridwan dan ust. Subarno. Sedangkan satu orang dai tetap di kota Balikpapan yaitu ust. Suwondo.

ITCI (International Timber Corporation Indonesia) adalah perusahaan kayu lapis berhenti beroperasi sejak Nopember 2008, akibatnya 700 karyawan dirumahkan. Lokasi pemukiman warga dikelilingi oleh hutan. Daerah eks ITCI ini menjadi binaan para dai-dai untuk mendakwahkan Islam dan mempertahankan Islam yang telah tumbuh di daerah ini. Aktifitas pengajian dan kegiatan keagamaan cukup semarak terutama ketika dihadirkan dai-dai untuk membimbing mereka. Lima dai SAHDAN yang diterjunkan di daerah ini tersebar dalam beberapa desa dan cukup padat aktifitas mereka.

Sementara itu dai SAHDAN yang ditempatkan di kota Balikpapan, ust. Suwondo dimaksimalkan berdakwah di pemukiman warga, perkantoran dan bahkan dakwah kepada narapidana di Lapas. Ust. Suwondo sendiri menyatakan senang berdakwah di Lapas dan cukup terharu mendengar kesaksian dan pernyataan taubat para napi, bahkan ada napi yang menangis ketika mendengar ceramah ust. Suwondo, mungkin menyesali perbuatannya dulu, demikian laporan ust. Suwondo kepada panitia SAHDAN. Beliau dijadwal menjadi imam sholat tarawih, kultum, sempat juga mengadakan daurah (pelatihan) dan bahkan beliau dijadwal sebagai khatib di Lapas tersebut. “saya sendiri sudah membayangkan apa yang akan saya kerjakan sebelum berangkat ke sini, saya tulis di kamar apa saja rencana dakwah sebulan di Balikpapan ini” demikian pernyataan ust. Suwondo mengakhiri laporan sementara sepekan di Balikpapan. (Bersambung dengan laporan dai yang lain. Insya Allah)

WhatsApp-Image-20160614w5 WhatsApp-Image-20160614w2 WhatsApp-Image-20160614w3 WhatsApp-Image-20160614wondo