Memandu dengan ilmu

Sepuluh Keutamaan Sedekah

0

Banyak orang yang belum mengetahui betapa dahsyatnya balasan bagi orang-orang yang bersedekah. Padahal Allah dan Rasulullah dalam dalil quran dan hadits telah menyebutkkah begitu besarnya pahala sedekah. Berikut ini adalah 10 Keutamaan Sedekah :

(1) Malaikat berdoa kepada Allah untuk membalas orang yang bersedekah dengan ganti yang lebih baik

Dalam suatu hadits disebutkan bahwa Malaikat akan berdoa meminta ganti kepada Allah untuk orang yang bersedekah :

اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا

“Ya Allah, berilah orang yang bersedekah, gantinya!” (HR. Bukhari Muslim)

(2) Orang yang bersedekah ditolong dari gangguan setan

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

ماَ يُخْرِجُ رَجُلٌ شَيْئًا مِنَ الصَّدَقَةِ حَتىَّ يَفُكَّ عَنْهَا لِحْيَيْ سَبْعِيْنَ شَيْطَانًا

“Tidaklah seseorang mengeluarkan sedikit dari sedekah hingga keluarlah 70 setan dari kedua rahangnya.” (HR. Ahmad (al-Musnad; 23012), al-Hâkim (al-Mustadrak; 1521), al-Baihaqi (Syu’abul Iman; 3474), dishahîhkan oleh al-Albani dalam Shahîh al-Jami’ (5814))

(3) Sedekah dapat menyembuhkan penyakit

Banyak orang kebingungan berobat kesana kemari untuk mencari kesembuhan bagi penyakitnya dan terkadang mereka lupa bahwa dengan sedekah dapat mengobati penyakit yang di deritanya. sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :

دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah!” (HR. Abû Daud, Thabrani, dan al-Baihaqi dari sekumpulan para sahabat, hadîts hasan lighairihi, lihat Shahîh at-Targhib wat Tarhib (I/182))

(4) Sedekah dapat meredam murka Allah Subhanahu wa Ta’ala

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan murka Allah.” (HR. Turmudzi, Ibnu Hibbân, dihasankan oleh at-Turmudzi, dan didha’ifkan oleh al-Albani, lihat Dha’iful Jami’ (1489))

(5) Sedekah dapat menghapus dosa

Dosa akan selalu menempel pada manusia dan menjadi pembakarnya kelak di akhirat. Maka dengan sedekah dosa dapat dihapuskan selama itu masih dalam kategori dosa-dosa kecil.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Sedekah memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Turmudzi, Ahmad, al-Baihaqi, an-Nasa`i, dishahîhkan oleh al-Albani, lihat Shahihul Jami’ (5136))

(6) Sedekah dapat menjaga kehormatan dan kemuliaan

Harta ibarat dua mata pisau, satu hal bisa menjadikan manusia mulia disisi Allah dan dilain hal dapat membuat manusia tercela disisi-Nya. Orang yang senang menyedekahkan hartanya adalah orang yang mulia disisi Allah dan akan mendapatkan kemuliaan dan kehormatan disisi manusia pada umumnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

ذَبُّوا عَنْ أَعْرَاضِكُمْ بِأَمْوَالِكُمْ

“Belalah kehormatanmu dengan hartamu!” (HR. al-Khatib dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, dishahîhkan oleh al-Albani, lihat Shahîh al-Jami’ (3426))

(7) Sedekah membantumu untuk meraih husnul khotimah

Setiap manusia pasti menginginkan kematian yang baik (Khusnul Khotimah), dengan sedekah manusia dapat terhindar dari kematian yang buruk, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :

صَنَائِعُ الْمَعْرُوْفِ تَقِيَ مَصَارِعَ السُّوْءِ

“Perbuatan-perbuatan baik akan melindungi dari kematian yang buruk.” (HR. al-Hâkim dengan sanad shahîh (Shahîh al-Jami’ (3795), Thabrani dengan sanad hasan (Shahîh al-Jami’ (3797))

dalam hadits yang lain Beliau juga bersabda :

إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مَيْتَةَ السُّوْءِ

“Sesungguhnya sedekah memadamkan murka Allah dan mencegah kematian yang buruk.” (HR. Turmudzi, Ibnu Hibbân, At-Turmudzi berkata: ‘Hadîts hasan gharib’, didha’ifkan oleh al-Albani (al-Misykah (1919), al-Irwa` (885), Dha’iful Jami’ (1489))

(8) Sedekah memberikan perlindungan di hari kiamat

Pada hari kiamat dimana tidak ada naungan selain naungan Allah subhanahu wa Ta’ala, setiap manusia akan menanggung amalannya sendiri-sendiri. Diantara yang dapat menolong manusia adalah sedekahnya, sebagaimana yang disampaikan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam :

كُلُّ امْرِئٍ فِيْ ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتىَّ يُقْضَى بَيْنَ النَّاسِ

“Setiap orang akan berada di dalam naungan sedekahnya hingga diputuskan perkara di antara manusia.” (HR. Ibnu Hibban, al-Hakim dengan sanad shahîh, berdasarkan syarat Muslim, lihat Shahîh al-Jami’ (4510))

(9) Sedekah melepaskan hutangmu pada hari kiamat

Allah lewat perantara rasul-Nya telah memberikan jaminan kepada orang yang mau bersedekah menanggung hutang saudaranya yang meninggal dengan membebaskan/melepaskan segala tanggungannya kelak pada hari kiamat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

مَنْ فَكَّ رِهَانِ مَيِّتٍ عَلَيْهِ الدَّيْنُ فَكَّ اللهُ رِهَانَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Siapa yang melepaskan hutang seorang mayit yang menanggung hutang, maka Allah akan melepaskan tanggungannya pada hari kiamat.” (HR. Daraquthni, al-Baihaqi, hadîts dha’if (Dha’if at-Targhib wa at-Tarhib (1134))

(10) Sedekah melindungimu dari siksa api neraka

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengingatkan ummatnya untuk menghindari siksa api neraka walaupun hanya dengan bersedekah sebutir kurma. Sebagaimana  sabda beliau kepada putrinya ‘Aisyah :

يَا عَائِشَة اسِتَتِرِيْ مِنَ النَّارِ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ ,فَإِنَّهَا تَسُدُّ مِنَ الْجَائِعِ مَسَدَّهَا مِنَ الشَّبْعَان

“Wahai ‘Aisyah, berlindunglah dari siksa api neraka walau dengan sebutir kurma, karena ia menutupi kelaparan dari orang yang lapar dan menggantinya dengan kenyang!” (HR. Ahmad, al-Bazzar, Ibnu Khuzaimah, al-Albani Rahimahullah berkata: Hasan Lighairihi (Shahîh At-Targhib (865))

Sumber : 10 Keutamaan Sedekah yang Gak Bakal Kamu Lewatkan http://yesmuslim.blogspot.com/2015/11/10-keutamaan-sedekah-yang-gak-bakal.html#ixzz4tg7zO32Z