Shalat Jum’at di Dusun Waiburak, Pulau Adonara

Di Dusun Waiburak, dulunya ada sebuah masjid namun dibongkar karena rusak, akibat Tsunami dan Gempa yang terjadi pada tahun 1992

0

(Madina.or.id) Ramadhan 1440 H, Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) mengirim 85 dai ke berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke. Salah satu nya adalah di Pulau Adonara, Flores Timur.

Adonara adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, yakni di sebelah timur Pulau Flores. Luas wilayahnya 509 km², dan titik tertingginya 1.676 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores di sebelah utara, Selat Solor di selatan (memisahkan dengan Pulau Solor), serta Selat Lowotobi di barat (memisahkan dengan Pulau Flores.

Secara administratif, Pulau Adonara termasuk wilayah Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Adonara merupakan satu di yantara dua pulau utama pada kepulauan di wilayah Kabupaten Flores Timur.

 

Di Dusun Waiburak, dulunya ada sebuah masjid namun dibongkar karena rusak, akibat Tsunami dan Gempa yang terjadi pada tahun 1992. Karena minim dana, hingga hari ini pun masjid belum bisa dibangun. Disisi lain, Alhamdulillah desa ini 100% adalah muslim meski diapit desa-desa yang mayoritas beragama Kristen.

“Jika menurut madzhab Syafi’i sholat Jum’at nya gak sah karena gak cukup syarat, tapi yah mau gimana lagi, darurat”, tutur Ust Ashabul Yamin yang ditugaskan berdakwah di Pulau Adonara, Flores Timur.

Disaat banyak Umat Islam Indonesia yang menunaikan Shalat Jum’at di Masjid yang berdiri dengan megahnya dan begitu indahnya, tapi ternyata hal itu tidak terjadi di Dusun Waiburak Pulau Adonara. Karena mereka menunaikan shalat Jum’at di Masjid berkerangka dari bambu, beralaskan dan beratapkan dengan terpal. (Rhofiq F.)