Tiga Masjid di Irak Dibom Ekstremis Syiah

0

madina.or.id – Tiga buah Masjid di Hilla, Irak, dibom oleh ekstremis Syiah. Sebagian masjid telah hancur dan sedikitnya dua orang meregang nyawa akibat serangan tersebut, lansir Aljazeera, Senin (4/1).

Diduga kuat serangan yang dilakukan oleh kelompok ekstremis Syiah itu terjadi sebagai aksi balas dendam terhadap Kerajaan Saudi Arabia (KSA) yang telah mengeksekusi pentolan Syiah Nimr al Nimr. Salah seorang pejabat dan pihak kepolisian melaporkan.

Menurut saksi mata, kejadian tersebut bermula dari sekelompok laki-laki yang mengenakan seragam militer memasuki masjid. Mereka membawa bahan peledak, lalu meledakkan dua masjid di wilayah Hilla, selatan Baghdad dan Al Fateh di wilayah Sinjar.

Kejadian tersebut disinyalir sebagai bentuk kemarahan kelompok ekstremis Syiah atas eksekusi mati Nimr al-Nimr dan pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan oleh Saudi terhadap Iran.

Seorang polisi mengatakan, di wilayah Hilla sekitar 80 km dari ibu kota Irak, Baghdad, Masjid Ammar bin Yasser yang berada di lingkungan Bakerli dibom setelah tengah malam.

“Setelah kami mendengar ledakan, kami pergi ke sumbernya dan menemukan alat peledak telah ditanam di sebuah Masjid di Hilla,” kata seorang perwira polisi seperti dilansir Reuters, Senin (4/1).

Ia mengatakan ledakan tersebut telah membuat sepuluh rumah yang berada di sekitar masjid, juga rusak.

“Sekelompok orang dengan seragam militer melakuakan operasi ini,“ lapor seorang warga kepada Polisi di tempat kejadian.

Sumber: Aljazeera/ salam-online.com