Memandu dengan ilmu

Warga Aleppo Turun ke Jalan Rayakan Kemenangan Mujahidin

0

madina.or.id, Aleppo – Warga Suriah turun ke jalan-jalan di kota Aleppo yang dikontrol mujahidin pada Ahad (07/08) untuk merayakan keberhasilan mujahidin Suriah menjebol blokade di kota tersebut. Sehari sebelumnya, mujahidin berhasil menembus daerah Aleppo Timur, yang menjadi penjara terbesar di dunia setelah semua jalor logistik dikontrol militer Suriah.

Dalam pantauan TV Al-Jazeera, warga di lingkungan Asy-Syi’ar dan daerah lainnya di Aleppo turun ke jalan menyerukan slogan-slogan mendukung revolusi Suriah. Mereka mengibarkan bendera Suriah dan bendera faksi-faksi pejuang yang ikut serta dalam pertempuran pembebasan Aleppo.

Mereka juga mengutuk gempuran membabi buta yang dilakukan militer Suriah terhadap kampung mereka. Hal itu menyebabkan mayoritas bangunan di Aleppo hancur.

Wartawan kantor berita AFP di Aleppo Timur melaporkan, warga melepaskan tembakan ke udara untuk meluapkan kegembiaraan atas terbukanya blokade yang mencekik kota mereka. Tidak hanya itu, mereka juga menyembelih domba yang ada sebagai tanda syukur.

Di lokasi lain di Aleppo Timur, kantor berita Reuters melaporkan bahwa warga hanya bisa turun ke jalan beberapa saat. Mereka membubarkan diri setelah mendengar raungan suara jet tempur dari udara.

Rezim Suriah memutus seluruh jalur ke Aleppo Timur sejak 17 Juli lalu. Di waktu bersamaan, gempuran udara terus menghantam fasilitas-fasilitas medis dan publik di kota yang dihuni 250 ribu jiwa itu. (zdryn -kiblat.net)