Bedah Mushalla Oleh Madina Sumatra Barat

0

MADINA.OR.ID, Padang – Selasa, 20 Oktober 2020. MADINA Cabang Sumatra Barat telah menyelesaikan program bedah mushalla. Kali ini bedah mushalla dilakukan di mushalla Istiqomah, Parantian Rajo, Jorong Buluah Kasok, Nagari Sarilamak, Kab. Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Bedah surau ini dilakukan karena kondisi surau tidak layak untuk dijadikan tempat shalat. Ust. Re Elhanif selaku ketua MADINA Cabang SUMBAR menjelaskan sebab surau ini dibedah, “karena sudah sangat tidak layak lagi digunakan. Lotengnya tidak ada, lantai kasar, dindingnya kasar, pintuya sudah rusak dan beberapa atap bocor.”

Selain itu pula, surau ini menjadi satu-satunya tempat ibadah shalat bagi penduduk Kampung Parantian Rajo yang berjumlah kurang lebih 40 Kepala Keluarga. Jarak surau ini dengan masjid sekitar 5 KM. Jika masyarakat Kampung Parantian Rajo ingin shalat Jum’at harus ke masjid tersebut dalam kondisi jalan yang rusak, karena kondisi ini, hanya sebeberapa orang saja dari desa ini yang melaksanakan shalat Jum’at.

Setelah surau ini dibedah, status surau ini berubah menjadi masjid, kemudian bisa digunakan dengan maksimal untuk berbagai kegiatan, seperti TPA, pengajian dan termasuk shalat Jum’at. Kurang lebih 40 jamaah kini memenuhi masjid Istiqomah ini.

Bedah surau ini membutuhkan waktu lebih dari 8 bulan pengerjaan, karena keterbatas biaya dan tenaga yang terdiri dari tim MADINA dan tukang dari penduduk setempat. Proses bedah surau ini luar biasa sekali, setiap hari Ahad kita ke Kampung Parantian Rajo, jarak dari pusat kota kurang lebih 25 KM. dan 10 KM jalannya masih tanah dan rusak. Ketika dana habis kita stop dulu membedah, setelah dana terkumpul kembali baru kami lanjutkan membedah. Surau ini telah menghabiskan dana 30 Jutaan. Ungkap Ust. Re Elhanif.

Untuk memudahkan masyarkat mendatangi masjid di malam hari tim MADINA juga telah memasang lampu penerang jalan sebanyak 15 buah lampu.

Penduduk Kampung dan tokoh masyarakat setempat sangat berterima kasih atas bantuan ini. “Selain membedah surau kami tim madina juga mengirim dai untuk memberi pengajian dan khutbah jum’at.” Ungkap salah satu tokoh masyarakat.

Untuk kedepannya kurang lebih ada dua mushalla di daerah pedalaman yang akan kami bedah. Ust. Re Elhanif mengajak kaum muslimin untuk ikut serta dalam program ini.

Reporter: Abu Anas

Editor: Rizky