Dai Sahdan Madina Tiba Di Fak-Fak, Papua Barat.

Dai Sahdan Madina Tiba Di Fak-Fak, Papua Barat.

0

(Madina.or.id) Kabupaten Fakfak adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Kota Fakfak. Kabupaten Fakfak berbatasan dengan: Teluk Bintuni di utara; Laut Arafura di selatan; Laut Seram dan Teluk Berau di barat; serta Kabupaten Kaimana di selatan dan timur.

Kabupaten ini terkenal dengan hasil buah palanya sehingga dijuluki sebagai “Kota Pala.” Ibukotanya, Kota Fakfak, merupakan salah satu kota tertua di Papua. Kabupaten Fakfak terdiri dari 9 distrik yang dibagi lagi ke dalam 7 kelurahan dan 118 kampung. Distrik Karas merupakan distrik terluas, sedangkan Distrik Fakfak Tengah merupakan distrik terkecil. Distrik Kokas merupakan distrik dengan kelurahan/kampung terbanyak, sedangkan Distrik Karas adalah distrik dengan kelurahan/kampung tersedikit.

Mayoritas penduduknya beragama Islam, tingkat asimilasi dengan dunia luar sangat tinggi sejak lama (sebelum penjajahan Belanda). Di Kabupaten Fakfak terdapat masjid-masjid tua peninggalan abad ke-17, salah satunya adalah masjid Patambura yang terletak di Kecamatan Kokas. Hal ini menunjukan bahwa Agama Islam telah mesuk ke Papua sebelum abad ke-17, sebagain ahli memprediksikan bahwa telah masuk sejak abad ke-15.

Masyarakat Kabupaten Fakfak sangat menjunjung tinggi nilai keagamaan dan semangat toleransi, terbukti dengan terciptanya sebuah semboyan yang sudah ada sejak turun temurun di kabpaten Fakfak yaitu “Ko, on, kno mi mbi du Qpona” Satu Tungku Tiga Batu.

Ramadhan 1440 H, Majelis Dakwah Islam Indonesia (Madina) mengirim 85 dai ke berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke. Salah satu nya adalah di Kabupaten Fak-fak, Papua Barat.

Dan kini Senin, 6 Mei 2019 M bertepatan dengan 1 Ramadhan Dai Semarak Dakwah Ramadhan Nusantara (SAHDAN) Madina, telah sampai di Bandar Udara Torea Fak-fak setelah melalui perjalanan panjang dan berjam-jam dari Jawa dan siap berdakwah selama satu bulan penuh di Fak-fak, Papua Barat. (Rhofiq F.)