Dakwah Madina Di Kepulauan Ambon

Silaturrahmi ke sebuah TPA rintisan di jalan Batu Merah, Ambon

0

Hari rabu tanggal 27 November 2019, Ustadz Rubiyo Da’i Madina yang bertugas di Ambon diberi kesempatan untuk bersilaturahmi ke sebuah TPA rintisan yang berada di jalan Batu Merah Puncak RT 05/ RW 06 Provinsi Maluku Kota Ambon. Selain silaturrahmi ustadz Rubiyo juga ikut serta membantu dalam pembelajaran malam itu.

TPA ini belum ada namanya karena memang baru rintisan, namun minat dari anak 2 daerah sangat antusias sekali terbukti dengan banyaknya anak yang mau belajar. Dengan dorongan dari orang tua mereka yang besar, sampai waktu pembelajaran nya ditambah yang sebelumnya hanya ba’da Magrib saja akhirnya ditambah setelah sholat isya. Pembagian jadwal TPQ untuk ba’da Magrib anak-anak yang iqro’ 1-4 sedangkan ba’da isya anak-anak yang iqro’ 5 sampai Al Qur’an, sehingga untuk iqro dan Al Qur’an kurang memadahi dengan jumlah santri yang ada.

Alhamdulillah, yayasan Madina menyalurkan bantuan wakaf iqro’ dan Al Qur’an sehingga pengelola TPA ustadz Hendra sangat senang sekali dan mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur dan tidak lupa beliau juga mendoakan keberkahan bagi siapa saja yang telah membantu terselenggaranya TPA di daerah beliau.

Ustadz Hendra juga merintis kajian remaja diawali dengan pembelajaran membaca Al Qur’an dengan metode tsaqifa, dan kita Da’i Madina yang diminta untuk mengampu kajian ini, dan Alhamdulillah sambutan dari para remaja juga luar biasa semakin hari semakin bertambah yang bergabung untuk belajar, namun terkendala tidak adanya sarana pembelajaran berupa buku tsaqifa maka kita mengajarkannya dengan sarana dan prasarana yang seadanya.

Kajian remaja ini sudah berjalan kurang lebih 2 pekan yang setiap pekannya ada 3 kali pertemuan, mereka juga meminta diadakan kajian fiqih ibadah praktis karena memang di daerah ini sama sekali belum ada majlis ta’lim kecuali kultum ketika Romadhon dan da’i-da’i Madina yang dikirim tiap Romadhon dalam program Sahdan nya pasti mengisi di musholla di tempat ini.

Kita berharap semoga anak-anak dan remaja yang bersemangat ini nantinya menjadi generasi penerus perjuangan dakwah di daerah ini khususnya dan seluruh Ambon dan Maluku pada umumnya. Aamiin.

Yuk ikut berpartisipasi dalam Wakaf pengadaan sarana belajar seperti Iqro’, Al-Qur’an dan buku tsaqifa. Salurkan Donasi terbaik anda.

BSM 7117 7117 27
a/n Yayasan Madina Indonesia
Tambahkan 715 pada digit terakhir
konfirmasi 081316000619