Kalian Lebih Tinggi

0

Kalian Lebih Tinggi

Terdapat satu ayat Al Qur’an yang menakjubkan, meski seluruh ayat Al Qur’an menakjubkan.  Ayat ayat Al Qur’an adalah salah satu perbendaharaan  Allah dan pemberian-Nya.

Ayat itu adalah firman Allah ta’al yang berbunyi :

وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Al Baqarah: 139)

Tahukah kalian wahai kaum muslimin, kapan ayat ini  diturunkan ? Ayat ini turun pasca perang Uhud, pasca kekalahan kaum muslimin atas kaum Quraisy.

Dengan peristiwa ini Allah ingin mengajarkan kepada orang beriman bahwa kemuliaan dan ketinggian tidak berpengaruh dengan kekalahan yang bersifat sementara,  tidak ada hubungannya dengan kemenangan fisik dan tidak bersandar pada kemenangan yang dilihat oleh mata saja.

Allah pun ingin mengajarkan orang beriman bahwa hari-hari adalah suatu pergiliran dan sejarah adalah perputaran, pada satu masa ada perputaran dan masa lainnya ada perputaran adapun perputaran yang akhir adalah hanya untuk orang-orang beriman, Insyallah.

Kaum musliminn. Mengapa kalian disebut oleh Allah tetap menang dan tinggi meski mengalami kekalahan?

Pertama, Kalian lebih tinggi karena sesembahan kalian adalah Allah yang tidak ada ilah yang hak kecuali Dia,  dzat yang Maha Suci. Allah ta’ala berfirman:

“Dan tiada sesuatupun yang dapat melemahkan Allah baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (Qs. Fathir: 44)

Kedua, Kalian lebih tinggi karena kalian adalah pengikut Nabi Muhammad shallahu’alaihi wasallam pentutup para Nabi, sebaik-baik manusia, penghulu para Rasul, penghapus yang dengannya  Allah menghapus kekufuran, pengumpul, di bawah kakinya kelak umatnya akan berkumpul di akhirat dan penutup yang tidak ada setelahnya Nabi.

Ketiga, Kalian tinggi karena kitab suci kalian adalah Al Qur’an di dalamnya terdapat kabar tentang orang sebelum kalian, dan kabar yang akan datang setelah kalian, hukum yang mengatur di antara kalian,  barangsiapa yang menyelisihinya dari kalangan pembangkang , barangsiapa mencari ilmu dari selainnya niscaya Allah menyesatkannya, ia adalah tali Allah yang kokoh, cahaya-Nya yang terang, obat yang menyembuhkan. Jaminan bagi orang yang berpegang teguh dengannya, keselamatan  bagi orang yang mengikutinya,

Keempat, Kalian lebih tinggi karena simbol agama dan dunia, jasad dan ruh, akal dan hati kalian adalah Islam. Tidaklah satu masalahpun dalam syariat melainkah telah Allah jelaskan. Allah berfirman:

Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Ma’idah: 3)

Kelima, Kalian lebih tinggi dikarenakan kesempurnaan akhlak kalian. Rasulullah bersabda:

“Tidaklah aku diutus melainkan untuk menyempurnakan akhlak mulia.”

Keenam, Kalian lebih tinggi karena kalian adalah umat yang paling kuat persaudaraannya. Allah berfirman:

“Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Anfal: 63)

Ketujuh, Kalian lebih tinggi karena Malaikat meneguhkan hati kalian. Allah berfirman:

(Ingatlah), ketika Rabbmu mewahyukan kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman.” Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.” (QS. Al Anfal: 63)

Kedelapan, Kalian lebih tinggi karena  ketenangan ada dalam hati kalian. Allah berfirman:

Dan Allah tidak menjadikannya (mengirim bala bantuan itu), melainkan sebagai kabar gembira dan agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al Anfal: 10)

Kesimbilan, Kalian lebih tinggi karena jannah adalah janji untuk kalian. Allah berfirman:

Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa (di dunia): “Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik. Lalu kamu menjadikan mereka buah ejekan, sehingga (kesibukan) kamu mengejek mereka, menjadikan kamu lupa mengingat Aku, dan adalah kamu selalu mentertawakan mereka, Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang.” (QS. Al Mukminun: 109-111)

Kalian orang-orang beriman yang bersabar insyallah menjadi pemenang dalam kehidupan ini.

Saudaraku yang kucintai dan teman seperjuanganku.

Ketahuilah hari-hari telah lalu  baik untukmu bukan keburuan untukmu.

Dan hari hari yang akan datang baik untuk agamamu bukan untuk selain agamamu.

Hasil akhir yang baik hanyalah untuk orang-orang bertakwa.

Ketahui juga bahwa bersama kesabaran terdapat kemenangan. Dan bersama kesulitan ada kemudahan.

Dan cahaya fajar tidak akan datang kecuali setelah tersingkapnya waktu-waktu malam.

Allah akan selalu menolongmu selama engkau menjadi penolong-Nya. Ia bersamamu selama engkau bersama-Nya.

Allah akan selalu memberimu petunjuk selama engkau bersungguh-sungguh di jalan-Nya. Allah berfirman:

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Ankabut: 69)

Dalam ayat lainnya Allah berfirman:

Kelak kamu akan ingat kepada apa yang kukatakan kepada kamu. Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (QS. Ghafir: 44)

(Ust. Zaid Royani, S.Pd.I -Disadur dari buku Ummatun Laa Tamuut, Dr. Raghiib As Sirjani)